Style Options



Close X

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Temukan Masa Depan Cerah Anda dengan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Pasundan 2 Banjaran!
Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik  (TITL) adalah kompetensi keahlian dari Program Ketenagalistrikan dibawah naungan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa.
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik mengacu pada landasan hukum Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, terutama pasal 3 yang menjelaskan tujuan pendidikan nasional dan pasal 15 yang menekankan pentingnya pendidikan kejuruan sebagai persiapan peserta didik untuk berkarir di bidang spesifik. Secara khusus, program ini bertujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan agar mereka kompeten dalam melakukan instalasi tenaga listrik.
Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, poin-poin yang telah disebutkan dapat disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku untuk jurusan tersebut sebagai berikut:

1. Menganalisis Rangkaian Listrik: 
Mempelajari cara menganalisis dan memahami rangkaian listrik serta komponen-komponen yang terlibat di dalamnya.
2. Memahami Dasar-dasar Elektronika: 
Pembelajaran tentang konsep dasar elektronika, termasuk prinsip kerja komponen elektronika dan sirkuit listrik.
3. Menggunakan Hasil Pengukuran: 
Praktik penggunaan alat ukur listrik untuk mengukur berbagai parameter listrik dan menerapkan hasil pengukuran tersebut dalam analisis rangkaian.
4. Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika: 
Praktik pengukuran dan pengujian komponen elektronika dalam konteks instalasi tenaga listrik.
5. Menafsirkan Gambar Teknik Listrik: 
Kemampuan membaca, memahami, dan menafsirkan gambar teknik listrik untuk keperluan instalasi dan perbaikan.
6. Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar: 
Pembelajaran dasar tentang pekerjaan mekanik yang relevan dalam konteks instalasi tenaga listrik.
7. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3): 
Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja dalam lingkungan kerja listrik.
8. Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik: 
Praktik perawatan rutin dan pemeliharaan peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik.
9. Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik: 
Keterampilan dalam memperbaiki kerusakan pada peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik.
10. Memperbaiki Motor Listrik: 
Kemampuan untuk melakukan perbaikan pada motor listrik yang mengalami kerusakan.
11. Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana: 
Keterampilan dalam pemasangan sistem penerangan listrik untuk bangunan dengan tingkat kompleksitas yang sederhana, termasuk pemasangan kabel, saklar, dan lampu.
12. Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat: 
Praktik pemasangan sistem penerangan listrik untuk bangunan bertingkat, yang melibatkan pemahaman tentang kebutuhan pencahayaan yang berbeda di setiap lantai dan pengaturan sirkuit yang efisien.
13. Memasang Sistem Pentanahan Instalasi Listrik: 
Keterampilan dalam pemasangan sistem pentanahan untuk instalasi listrik, yang meliputi pemilihan material yang sesuai dan teknik pemasangan yang tepat untuk melindungi pengguna dari risiko kejutan listrik.
14. Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana: 
Praktik pemasangan instalasi tenaga listrik untuk bangunan dengan kompleksitas yang sederhana, termasuk pemasangan sirkuit listrik utama, sub-panel, dan peralatan listrik lainnya.
15. Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Bertingkat: 
Keterampilan dalam pemasangan instalasi tenaga listrik untuk bangunan bertingkat, yang melibatkan pengaturan sirkuit listrik yang kompleks dan pemahaman tentang kebutuhan daya yang berbeda di setiap lantai.
16. Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik: 
Kemampuan untuk mengoperasikan dan memahami prinsip kerja sistem pengendalian elektromagnetik yang digunakan dalam aplikasi industri dan komersial.
17. Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik:
 Praktik mengoperasikan sistem pengendalian elektronik untuk mengatur berbagai fungsi dalam sistem listrik, seperti sistem otomatisasi dan kontrol.
18. Mengoperasikan Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah: 
Keterampilan dalam mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah, seperti pengontrol motor dan peralatan lainnya yang digunakan dalam sistem distribusi listrik.
19. Merawat Panel Listrik dan Switchgear: 
Praktik perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap panel listrik dan switchgear untuk memastikan kinerja sistem listrik yang optimal dan keandalan operasi.
20. Merawat dan Memperbaiki Pendingin Rumah Tangga: 
Keterampilan dalam merawat dan memperbaiki peralatan pendingin rumah tangga, termasuk pemahaman tentang prinsip kerja, komponen utama, dan prosedur pemeliharaan yang diperlukan.
Dengan mengacu pada SKKNI tersebut, kurikulum untuk jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik diharapkan dapat mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri listrik dan dapat bersaing di pasar kerja.

Peluang Karir untuk Lulusan SMK Jurusan TITL 
Apa saja sih prospek karir yang menarik bagi para lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)?
Ternyata tak hanya terbatas pada pekerjaan di sektor kelistrikan saja lho, ternyata ada sejumlah peluang karir menarik yang dapat dikejar oleh para lulusan SMK TITL. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, mari kita jelajahi beberapa peluang pekerjaan yang tersedia. 
1. Teknisi Instalasi Listrik
Teknisi Instalasi Listrik bertanggung jawab untuk memasang sistem listrik di berbagai jenis bangunan, seperti rumah, gedung, atau fasilitas industri. Mereka membaca blueprints, memasang kabel, soket, saklar, dan peralatan listrik lainnya, serta memastikan bahwa instalasi tersebut sesuai dengan standar keamanan dan peraturan yang berlaku.
Contoh perusahaan yang bergerak dibidang tersebut:
PT. Schneider Electrik Indonesia
PT. ABB Sakti Industri
PT. Siemens Indonesia 
2. Elektrisi
Seorang elektrisi adalah ahli dalam melakukan perawatan dan perbaikan sistem listrik. Mereka dapat melakukan inspeksi rutin, mengidentifikasi masalah, dan memperbaiki gangguan atau kerusakan dalam sistem listrik. Elektrisi juga dapat melakukan upgrade atau pemeliharaan preventif untuk memastikan kinerja sistem listrik tetap optimal.
Contoh perusahaan yang bergerak dibidang tersebut:
PT. PLN (Persero)
PT. Perusahaan Gas Negara(Persero). Tbk.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (Sektor Industri Makanan)
3. Teknisi Perawatan dan Perbaikan Listrik
Teknisi perawatan dan perbaikan listrik fokus pada pemeliharaan dan perbaikan sistem listrik yang ada. Mereka melakukan pemeriksaan berkala,, mengganti komponen yang rusak, dan memperbaiki gangguan atau kerusakan yang terjadi dalam instalasi listrik. Tujuan utama mereka adalah untuk menjaga agar sistem listrik beroperasi dengan efisien dan aman.
Contoh perusahaan yang bergerak dibidang tersebut:
PT. PJB Services
PT. Trakindo Utama
PT. HM Sampoerna Tbk. 
4. Konsultan Teknis
Seorang konsultan teknis adalah ahli dalam memberikan saran dan solusi teknis terkait dengan instalasi listrik. Mereka dapat membantu dalam perencanaan dan desain sistem listrik, memberikan evaluasi atau analisi terhadap instalasi yang ada, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi atau keamanan sistem listrik.
Contoh perusahaan yang bergerak dibidang tersebut:
PT. Rekayasa Industri
PT. GHD Indonesia
PT. Encona Inti Industri
PT. Entec Indonesia
5. Pengusaha Mandiri di Bidang Instalasi Listrik
Seorang pengusaha mandiri di bidang instalasi listrik memiliki peran ganda sebagai pemilik bisnis dan praktisi teknis. Mereka bertanggung jawab atas semua aspek operasional bisnis, termasuk pemasaran, manajemen keuangan, dan administrasi, sambil tetap terlibat langsung dalam melakukan instalasi, perawatan, atau perbaikan sistem listrik

Berapasih gaji orang  yang bergelut di bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik?
Secara umum, berikut adalah perkiraan besaran gaji untuk beberapa pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang tersebut:
1. Teknisi Instalasi Listrik: 
Gaji awal untuk seorang teknisi instalasi listrik di Indonesia berkisar antara 3 juta hingga 6 juta rupiah per bulan, tergantung pada pengalaman kerja dan kualifikasi. Gaji ini dapat meningkat seiring dengan bertambahnya pengalaman dan keterampilan teknis yang dimiliki.
2. Elektrisi: 
Seorang elektrisi yang memiliki pengalaman dan sertifikasi yang baik dapat menghasilkan gaji antara 4 juta hingga 8 juta rupiah per bulan. Gaji ini dapat lebih tinggi untuk elektrisi yang bekerja di sektor industri atau proyek besar.
3. Teknisi Perawatan dan Perbaikan Listrik: 
Gaji untuk teknisi perawatan dan perbaikan listrik biasanya berkisar antara 3,5 juta hingga 7 juta rupiah per bulan. Faktor-faktor seperti tingkat keahlian dan tanggung jawab dalam pekerjaan dapat memengaruhi besaran gaji.
4. Konsultan Teknis: 
Seorang konsultan teknis dengan pengalaman dan reputasi yang baik dapat menghasilkan gaji antara 6 juta hingga 15 juta rupiah per bulan, tergantung pada proyek dan klien yang dilayani.
5. Pengusaha Mandiri di Bidang Instalasi Listrik: 
Pendapatan seorang pengusaha mandiri dalam bidang instalasi listrik sangat bervariasi tergantung pada jumlah proyek, ukuran bisnis, dan efisiensi operasional. Namun, pengusaha mandiri potensial dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan, mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Peluang Usaha?
Selain memiliki peluang karir yang menjanjikan, lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) juga memiliki potensi besar untuk merintis bisnis sendiri. Mereka tidak hanya terbatas pada menjadi karyawan, tetapi juga dapat menjadi pengusaha mandiri yang sukses. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama di sekolah, lulusan TITL memiliki keunggulan dalam membuka usaha diberbagai bidang terkait listrik. mulai dari:
1. Jasa Instalasi Listrik:
Peluang usaha ini mencakup pemasangan sistem listrik untuk berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah tinggal, gedung perkantoran, hingga fasilitas industri. Jasa ini meliputi pembuatan desain instalasi listrik, pemilihan peralatan listrik yang tepat, pemasangan kabel dan perangkat listrik, serta pengujian dan pemeliharaan setelah instalasi selesai. Dengan meningkatnya permintaan akan pemasangan listrik yang aman dan andal, jasa instalasi listrik memiliki potensi pasar yang besar.
2. Jasa Perawatan dan Perbaikan Sistem Tenaga Listrik:
Usaha ini bertujuan untuk memberikan layanan perawatan rutin, pemeliharaan preventif, dan perbaikan dalam sistem tenaga listrik yang sudah ada. Ini termasuk inspeksi berkala, penggantian komponen yang aus atau rusak, serta penanganan masalah teknis atau gangguan dalam sistem listrik. Dengan meningkatnya kompleksitas peralatan listrik dan kebutuhan akan pemeliharaan yang teratur, jasa ini memiliki permintaan yang stabil.
3. Kontraktor Listrik:
Kontraktor listrik bertanggung jawab atas manajemen dan pelaksanaan proyek instalasi listrik dari awal hingga selesai. Mereka mengkoordinasikan semua aspek proyek, termasuk perencanaan, pembelian material, pemasangan, pengujian, dan penyelesaian proyek. Kontraktor listrik biasanya terlibat dalam proyek konstruksi besar seperti pembangunan gedung, kompleks perumahan, atau fasilitas industri.
4. Merintis Perusahaan Teknologi Terbarukan:
Dalam era perubahan iklim dan kebutuhan akan energi terbarukan, peluang usaha ini sangat menjanjikan. Lulusan TITL dapat memanfaatkan pengetahuan mereka tentang instalasi listrik untuk merintis perusahaan yang fokus pada teknologi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya, sistem energi matahari untuk rumah tangga atau komersial, atau solusi energi lainnya yang ramah lingkungan. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya energi terbarukan, pasar untuk perusahaan teknologi terbarukan terus berkembang pesat.

Apa yang anda tunggu? Ayo bergabunglah bersama kami!
Jangan lewatkan kesempatan untuk memulai perjalanan menuju masa depan yang cerah dengan bergabung di SMK Pasundan 2 Banjaran dan mengambil Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Daftar sekarang dan mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang gemilang bagi generasi mendatang!